ENAM PROSES PEMBUATAN MUKENA PELANGI DAN BAJU PELANGI

Motif Pelangi ada yang menyebutkan sebagai motif Jumputan atau  lebih dikenal dengan istilah tehnik Tie Dye atau Ikat Celup salah satu motif yang digunakan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi mamaput

Motif  “ Ikat Celup “ , adalah empat  tehnik didalam membuat motif Pelangi ( tehnik ikat, tehnik jelujur , tehnik simpul dan tehnik bungkus) membuat motif secara manual dengan cara mengikat untuk membuat motif motif di area kain tertentu , dan mencelupkan ke pewarna yang diinginkan.

Proses dan perlengkapan yang diperlukan didalam pembuatan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi mamaput

1. Proses Pencucian kain , ini diperlukan untuk mengikat nilai penyusutan kain agar dalam pembuatan patrun /pattern Baju Pelangi dan Mukena Pelangi sesuai dengan ukuran yang diinginkan , baru ke ke proses penjahitan.
Pencucian Kain Rayon Janger
2. Setelah proses Penjahitan Baju atau Mukena selesai baru dilakukan Proses pengikatan untuk menentukan motif motif pelangi tertentu , seperti motif diamond, motif smoke , motif wiru , gradasi  dengan menggunakan tehnik ikat, tehnik jelujur , tehnik simpul dan tehnik bungkus.
Pengikatan Motif Pelangi atau Tie Dye
Kontrol tekhnik motif oleh Mamaput

3. Proses pewarnaan dengan menggunakan jenis Obat dan water glass untuk pengikatan warna kedalam kain

Pewarnaan Warna dasar
4. Proses rolling untuk pencelupan  dengan Jegger  dan Proses pendiaman maksinal 2-3 jam
5. Proses Pencuciaan, proses ini salah satu yang akan memberikan outnput kecerahan warna yang diinginkan
a)     Warna Pekat  proses pencucian maksimal empat  kali pencucian
b)    Warna Soft  enam  kali pencucian

6. Proses pengeringan
a)     Langsung matarahari waktu diperlukan kurang lebih  delapan  Jam
b)    Tidak Langsung terkena sinar matahari waktu yang diperlukan dua belas Jam , proses ini yang digunakan untuk pengeringan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi karena mempunyai tingkat kerataan warna yang cukup baik 
Pengeringan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi
Mungkin materi diatas sudah banyak didapatkan dari artikel artikel dari sumber yang lain akan mempunyai metode dan proses yang sama, review yang bisa di ambil pembelajaran selama mamaput memproses pencelupan adalah skill  dari para pengrajin itu sendiri , baik dari proses pencampuran warna,  tehnik pengikatan , ketelitian dan kebersihan yang akan membedakan ciri khas masing masing antara pembatik datu dengan yang lainya.

Mudah mudahan Artikel  Proses Pembuatan Motif Pelangi didalam prose pewarnaan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi Bali dapat memberikan sedikit gambaran dari sista atau bunda , jika ada informasi tambahan silahkan rekan pembaca dapat menambahkan.

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana