Proyeksi Potensi Mukena Bali Jelang Lebaran 2015

Mukena Bali Mamaput
Imbas dari kenaikan harga BBM  mempengaruhi peningkatan harga harga bahan baku pangan dan bahan bahan sandang , dalam bahasan kali ini saya akan sharing didalam menjabarkan “ seberapa besar tingkat kenaikan harga Mukena Bali dan potensi Lebaran  Idul Fitri 2015.

Gambaran kondisi pelaku usaha Mukena Bali dan kondisi pasar , akan saya gambarkan sebagai berikut :

1.       Kenaikan bahan mukena bali 2015 mengalami kenaikan berkisar antara 5 % sampai dengan 7% , diiringii dengan permintaan kenaikan bea konveksi yang sebagian besar dari pengusaha mukena belum dapat merealisasikan permintaan bea konveksi (bea jahit) sampai degan bulan Februari  2015.

2.       Pedagang khususnya di Pedagang Grosir masih mempertahan harga Mukena Bali dengan harga lama (sama sebelum terjadi peningkatan harga bahan baku), hal tersebut disebabkan oleh permintaan pelanggan masih keberatan jika terjadi kenaikan harga , konsekuensi yang harus diterima oleh Pengusaha konveksi Mukena Bali adalah dengan turunya profit margin sampai dengan 5%, kondisi ini tentunya cukup berat dirasakan oleh pengusaha maupun pedangan Mukena Bali.
3.       Terjadinya persaingan harga yang cukup ketat diantara para pengusaha Mukena Bali , baik produksi Asal ( Solo)  Mukena Solo) , (Tulungagung )  Mukena Tulungagung, (Tasik)  Mukena Tasik, ( Jakarta)  Mukena Bali  Tanah Abang   dan Bali dengan  Mukena Bali.
4.       Terjadingan Cross border area pasar , sehingga sulit sekali untuk mendapatkan produk asli lokal saat ini .( contohnya >> Mukena Bali yang ada di pasar Bali belum tentu berasal dari Lokal Buatan Bali).
5.       Perbedaan kualitas yang akan mempengaruhi harga eceran menjadi tidak stabil .

Perbedan  Kualitas Mukena Bali yang ada di pasar :
1.       Mukena Bali muncul dua kategori harga yaitu harga yang lebih murah dan harga rata rata
2.       Konstruksi kain atau kerapatan kain cukup signifikan kelihatan
3.       Kualitas Printing ruster gambar atau motif , kelihatan dari kepadatan printing  dan ketajaman gambar
4.       Ukuran Mukena Bali yang cukup signifikan , contoh diukuran jenis ukuran yang sama mempunyai perbedaan lebar sampai dengan 5 cm.
Dengan ulasan ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa , kualitas kain dan printing mempengaruhi  harga eceran yang berbeda beda. Kita kembalikan kepada hukum pasar tentunya kualitas akan menentukan Harga , hal ini berbanding lurus dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman pelanggan yang semakin pintar yang ditunjang oleh  informasi yang semakin terbuka melalui internet khusunya social media.

Satu hal akhir  yang akan saya sampaikan adalah “ seberapa potensi Mukena Bali jelang musim  Lebaran Idul Fitiri 2015 ?”
1.       Potensi terhadap Mukena dengan Motif Mukena Bali, Motif  Mukena Solo, Motif Mukena Tasik , Mukena Tanah Abang akan mengalami  signifikan cukup besar seperti Lebaran 2014.
2.       Pada Triwulan pertama atau sekitar bulan Maret 2015 , akan terjadi kenaikan  harga Mukena Bali , baik harga Grosir maupun harga eceran. Hal ini diakibatkan oleh kenaikan harga bahan baku dan permintaan ongkos atau bea konveksi jahit yang sudah tidak bisa lagi ditahan.
3.       Terjadinya perbedaan kualitas Mukena Bali , dan perbedaan Harga yang cukup besar di pasaran.
4.       Potensi Mukena Bali Lebaran Idul Fitri 2015 dimasing masing area baik Area Bali dan Area Jawa dan Area Luar Jawa dan Bali akan mengalami penurunan volume permintaan , hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pengusaha lokal di masing masing Area.
5.       Market share atau market pai pengusaha Mukena Bali akan terbagi bagi  menjadi banyak area , dan sudah tidak didominasi oleh salah satu area.
6.       Pembeli atau end user  sudah dapat mengetahui perbedaan harga  berdasarkan kualitas , bauk kualitas kepadatan konstruksi kain  dan kualitas ruster printing motif.

Dengan mengetahui asumsi tersebut diatas “ dimanakah anda akan bermain untuk bisa mendapatkan perhatian pasar ? apakah bermain di Struktur Harga Murah  ? atau bermain dengan kualitas dengan harga yang signifikan lebih mahal ? . Keduanya mempunyai potensi dan segmen yang berbeda tentunya bukan ?. 

Untuk mengambil potensi besar tersebut Kuncinya adalah seberapa keberanian anda akan menekuni salah satu potensi  produk musiman ini ( Mukena Bali ) dan kepintaran dalam meghitung forecasting  stock  ? ( akan saya ulas nanti , bagaimana mengukur jumlah stock  yang ideal disaat musim Lebaran Idul Fitri 2015)

Tulisan diatas adalan berdasarkan Asumsi  subyektif  saya pribadi , disaat melakukan riset dan kunjungan ke pasar, agen dan reseller di wilayah Bali, Situbondo, Bondowoso , Probolinggo , Surabaya, Mojokerto, Caruban , Sragen , Magelang dan Temanggung.
Jika pembaca mempunyai pendekatan proyeksi yang lebih baik mohon kritik , saran dan masukan.
Selamat berwirausaha !
Semangat Wirausaha Mandiri 

Mamaput menerima order sekala konveksi dalam jumlah besar  (mohon email ke mamaputsbali@gmail.com  )

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana