Bisnis besar Mukena Bali dan Sprei Bali 2015

www.mamaputbali.com

Mempersiapkan kebutuhan pasar menjelang Lebaran Idul Fitri 2015  akan lebih effektif  jika dipersiapkan dalam  empat atau lima  bulan menjelang lebaran  baik dari kesiapan trend dan ketersedian barang. Tentunya waktu periode tersebut cukup didalam mempersiapkan produk , promosi dan penjualan.

Berdasar dari pengalam tahun tahun sebelumnya , produksi Mukena dengan jenis dan motif yang beragam baik Mukena Bali, Mukena Lukis , Mukena Pelangi atau Mukena Jumputan . Pada Tahun 2015  ini saya akan coba untuk share yang sedang kita lakukan , yaitu melakukan pengembangan inovasi  baik motif dan jenis produk baru.

Pengembangan Produk berdasarkan inovasi kreasi motif
Motif dan Jenis Mukena  :
1.  Mukena Bali  Tahun ini masih mengikuti  motif motif yang dikeluarkan oleh pabrikan kain yang masih didominasi oleh motif bunga . Dengan Ukuran standard pasar adalah Mukena Bali ukuran Standard dan Mukena Bali Ukuran Jumbo.
2.   Mukena Lukis , potensi Mukena Lukis Bali masih cukup siknifikan untuk kita kerjakan meskipun dari kebutuhan pasar masih di bawah dari Mukena Bali motif  kain fabric. Proses pengerjaan  Mukena Lukis dilakukan dengan manual sehingga harga Mukena Lukis akan lebih tinggi dibandingkan dengan MUkena Bali. Tehnik yang digunakan ada dua jenis yaitu Mukena Lukis 2D atau dua dimensi dan Mukena Lukis 3D atau tiga dimensi.
3.   Mukena Batik  , lebih dikenal dengan tehnik Stamp proses dilakukan secara manual untuk menentukan motif motif tertentu. Harga Mukena Batik print signifikan akan sedikit lebih mahal disbanding dengan harga Mukena Bali.
4.    Dalam periode pertengahan bulan Maret 2015 , produk Mukena Bali , Mukena Lukis maupun Mukena Batik  sudah akan kami pasarkan dengan motif  mukena yang sangat unik dan kreatif (motif  kami buat dengan mempertimbangkan  dari motif yang diharapkan oleh pelanggan )

Kain Mukena :
1.    Jenis kain Mukena yang digunakan  untuk pembuatan Mukena Bali , Mukena Lukis maupun Mukena Batik  adalah Rayon
2.  Kain Rayon kelas dua biasanya digunakan untuk pembuatan Mukena Bali yang diproduksi oleh pabrikan
3.    Kain Rayon Mukena Lukis maupun Mukena Batik  menggunakan kualitas nomor  1 , pertimbangan ya adalah kita akan mengambil segment  kualitas dan proses pengerjakan manual , hal ini yang menyebabkan harga Mukena Lukis maupun Mukena Batik akan lebih tinggi.

Sprei  
Sprei jenis kategori yang sedang dalam pengerjaan adalah Sprei Pelangi  atau Sprei Jumptuan  atau Sprei Tie Dye dan Sprei Lukis
1.    Sprei atau bed sheet  sedang dalam proses produksi , hal ini kami kerjakan karena ada permintaan dari beberapa pelanggan grosir yang dapat memperkuat potensi penjualan yang signifikan cukup menguntungkan.
2.     Kain Sprei Pelangi  atau Sprei Jumptuan  atau Sprei Tie Dye dan Sprei Lukis  menggunakan kain Katun 100% , sehingga kualitas warna baik batik , jumputan , tie dye atau lukis mengasilkan toner warna dengan kualitas sempurna
3.   Harga Sprei Pelangi  atau Sprei Jumptuan  atau Sprei Tie Dye , dan Sprei Lukis dikisaran lebih tinggi dari Sprei motif jumputan bercak , swirl  atau peplum.

Bagaimana sisbun  cukup menarik bukan ? semoga  pertumbuhan produk lokal semakin besar di Indonesia sehingga Pengusaha UKM Sprei Pelangi  atau Sprei Jumptuan  atau Sprei Tie Dye dan Sprei Lukis  akan tumbuh lebih sehat dan lebih berkembang.

Artikel  Motif baru 2015 tentang Sprei Pelangi  atau Sprei Jumptuan  atau Sprei Tie Dye dan Sprei Lukis ini saya unggah berdasarkan intusisi subyektif saya didalam mengembangkan usaha yang kembangkan .

Terimakasih buat rekan saya Bapak Johanes Budi  yang sudah memberikan informasi benchmarking ratio (sumber dari group retail fashion terbesar di Indonesia) peningkatan penjualan di musim menjelang lebaran dengan ratio 1:5 atau peningkatan hampir 500% , lima kali lipatnya dari hari hari regular ,Luar biasa !!
Semangat wirasuaha mandiri !

Penulis adalah pemerhati  pasar retail distribusi dan pelaku Usaha Konveksi , melayani tarnsaksi order dalam kapasaitas bisnis to bisnis . silahkan hubungi www.mamaputbali.com

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana