Memulai Bisnis Toko Online Mukena Bali


Menjawab pertanyaan dari rekan rekan, kalau mamaput disuruh sharing cara Membangun Toko Online ala mamaput sebagai Ibu rumah tangga,  akan saya  sharing secara sederhana , perlu kita pahami bersama bahwa hakikat dari sebuat apapun usaha adalah keyakinan bukan ?

Jadi jika sista mempunyai keyakinan membuka  usaha toko online , jangan berfikir secara komplek pikirkan saja secara sederhana ? ala Ibu Rumah Tangga ? asyik bukan ?.. lebih baik jangan membaca artikel yang  panjang ini, jika sista tidak yakin dengan keyakinan sista (leawati saja dan lihat lihat artikel lainya oke? :) 

Banyak sekali artikel artikel yang sista bisa dapatkan bagaimana membangun Toko Online yang dibahas secara detail dan komplek baik tehnis dan non tehnis secara profesional  tanda petik “ teoritikal “ ?? .  Saya tidak akan membahas hal itu karena saya tidak ahli dalam tehknis , keyakinan saya adalah “ menjalani dengan sumber dan kemampuan yang saya punya , meyakini proses dan belajar dari kekurangan dan kesalahan “ trial & error” , prinsipnya jangan takut salah dalam membangun usaha apapun.

Berikut adalah material hal  yang dibutuhkan :
  1. Niat , Ikhtiar Pantang menyerah , komitment , Ramah dan dapat dipercaya
  2. Perangkat keras , Handphone , blackberry, Android , Notebook , PC Komputer , Modem dan akses internet , sista jangan berfikir semua harus dilengkapi,  apa aja yang ada yang terpenting bisa internetan, karena satu tahun yang lalu saya mengawali hanya dengan Blackberry 8520
  3. Bangun Akun email & Akun Media Social , banyak sekali pilihan akun media social untuk bisa sista ikuti , kalau pilihan saya yang saya gunakan saat ini adalah Facebook , Fanpage Facebook, Twitter , Google+, Instagram karena beberapa alasan yang saya yakini media tersebut mempunyai impact yang cukup baik didalam meningkatkan referensi  pelanggan (impulse) dan optimasi blog ini. Dan gunakan Akun media sosial tersebut untuk mencari teman yang sesuai segment atau target konsumenya.
  4. Persiapkan Akun rekening Bank dengan layanan mobile banking atau internet banking , ini penting sekali karena akan menjadi faktor kontrol monitoring transaksi dan kecepatan kita dalam pengiriman, semakin cepat kita kitahui pembayaran pelanggan semakin cepat barang pesanan akan kita kirimkan bukan ?
  5. Persiapkan mendapatkan harga produk   yang cukup kompetitif , sehingga sista  dapat bersaing di pasar online atau bisa aviliasi (membantu jual barang orang lain , atau istilahnya  resseller  yang ada service layanan dropshipper tentunya ? )jika sista belum memahami apa itu aviliasi, reseller atau dropship bisa browsing di Google. ( mamaput juga terima yang pingin jadi reseller atau distributor Mukena Bali dan Baju Pelangi  loo.. hiks promosi J)
  6. Lakukan penjualan secara Online dan Offline atau penjualan secara langsung istilahnya direct sales? Door to door ? karena menurut saya pada prinsipnya penjualan baik Online atau Offline yang terpenting adalah profit keuntungan dari selisih harga jual dikurang harga beli .
  7. Ajak suami untuk terlibat didalam usaha ini , baik didalam membangun rencana rencana strategi, karena dukungan moral dan material mutlak diperlukan bukan? Sista tahu sendiri deh alasanya kenapa .. J
  8. Jalani dengan ramah  ,sabar , tekun secara intent atau terus menerus  selama tiga bulan  , prinsipnya gak rugi kok sis toh bisnis ini kita membantu suami bukan? Jadi urusan dapur tetap terkendali hihi..., kecuali jika usaha yang dijalani mendapat barokah dan berkembang dengan baik , tentunya akan menjadi diskusi yang berbeda dengan suami, saya yakin sista pasti akan mengalami progres yang positif ini kok.
  9. Selanjutnya belajar membuat analisa pelanggan , beaya produksi, analisa penjualan , modal, memahami rasio profitabilitas, bloging , pemahaman bisnis online , web online , bea promosi , design grafis dan lain lain.

Berikut adalah hal hal yang sudah saya lakukan didalam membangun bisnis online saya, jika ada masukan dari rekan pembaca please kasih saya masukan agar proses pembelajaran yang saya lakukan akan lebih baik lagi kedepan.

Media dan material tool  Membuat Toko Online : 
  1. Akun Email  (Free|Gratis) >>  mamaputsbali@gmail.com       
  2. Akun Social Media : Facebook >> Mamaputs Bali | Fanpage  >> Grosir Mukena Bali | Twitter >> @mamaputbali | Google+ >> +Mamaputjenny | Instagram >> MAMAPUTBALI
  3. Blogspot site >> http://mamaputs.blogspot.com | Web Site  >> www.mamaputbali.com
  4. Tool photography >> NIKON D90  /  D800 + Strobox +Mini Studio Set | Design Graphis & Editing >> tiga nuansa
  5. Promo Optimasi web >> Partnership | SMS Broadcast system >> Software Licence | Website tool analyser >>Website toolbox PRO 
  6. Keyword yang sedang saya pahami dan sampai sekarang masih belum memahami , jadi saya submit saja ya sista..

Review Keyword Analisis   : mukena bali, mukena bali murah, mukena bali anak, mukena bali grosir, mukena bali jumbo, mukena bali warna, mukena bali murah meriah, mukena bali termurah,  mukena bali asli, mukena bali abaya, mukena bali mamaput, mukena bali anak dan ibu, mukena bali anak terbaru, mukena bali 2014, mukena bali bahan rayon, mukena bali bordir, mukena bali bagus, mukena bali bahan katun, mukena bali bunga, mukena bali baru, mukena bali bahan santung, mukena bali bahan rayon super, mukena bali couple, mukena bali cantik, mukena bali couple terbaru, mukena bali di bali, mukena bali dewasa, mukena bali harga eceran, mukena bali grosiran, mukena bali ecer, mukena bali murah ecer, mukena bali facebook, mukena bali di facebook, foto mukena bali, mukena bali gianyar, mukena bali 75000, mukena bali harga, mukena bali harga grosir, mukena bali harga murah, mukena bali 7000, mukena bali handmade, mukena bali harga termurah, mukena bal ilalang, mukena bali jumbo rempel, mukena bali jumbo grosir, mukena bali jumputan, mukena bali klungkung, mukena bali lukis, mukena bali lukisan, produsen mukena bali lukis, produsen mukena bali, mukena bali new, mukena bali online, mukena bali online shop, mukena bali online murah, grosir mukena bali online, toko mukena bali online, mukena bali motif , tato, mukena bali motif pelangi, mukena bali pasar seni, mukena bali putih, mukena bali putih polos, mukena bali pasar seni sukawati, mukena bali polkadot, mukena bali rempel, mukena bali rayon super, mukena bali resseller, mukena bali rainbow, mukena bali rempel jumbo, mukena bali rempel murah, mukena bali rayon, mukena bali renda, mukena bali super jumbo, mukena bali super, mukena bali sukawati, mukena bali super murah, mukena bali tato, mukena bali terbaru 2014, mukena bali ukuran jumbo, mukena bali untuk anak, wholesale mukena bali, mukena bali xxl, mukena bali xl, mukena bali yang murah, 

Semoga apa yang saya jalani ini benar dan akhirnya alhamdulillah 

Salam Semangat wirausaha MAndiri Indonesia 

3 comments :

  1. Artikel yg menarik untuk ibu rumah tangga yg mau bisnis online nih, ada juga kesempatan bisnis di www.mukenadistro.com

    ReplyDelete
  2. Bagus pak cara membangun bisnisnya, semoga kami bisa mencontohnya.
    salam hangat dari kami www.mukenadistro.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak endah :) dan maaf baru balas..
      Insyallah bisa ! saya yakin kita mengalami hal yang sama ..
      Sukses buat bisnisnya ya mbak
      semangat wirausaha mandiri !

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana