Dress pelangi Motif Irisan

http://www.mamaputbali.com/

Motif batik iris   adalah salah satu motif tradisional atau handmade pembuatan batik jumputan atau tiedye  yang masih banyak diminati oleh penggemar batik jumputan adalah motif kuas atau motif irisan, sebagai bahan dasar kain pembuatan Busana muslim baik dress pelangi dan mukena 

Dari beberapa tehnik batik tiedye atau jumputan , baik tehnik ikat , tehnik  tehnik jelujur, maupun tehnik kuas akan menghasilkan motif yang begitu unik dan mempunyai patrun yang berbeda beda.

Untuk membuat batik jumputan atau tiedye motif kuas atau irisan ini , merupakan salah  satu tehnik yang paling sederhana dari pada tehnik jumputan lainya , yang membedakan adalah pada proses  ketepatan dalam proses finishingnya.

Proses pembuatan motif kuas atau motif  irisan batik jumputan :

1. Kain dibentangkan ke dalam Kayu bentang dengan ukuran 130 cm x 6 meter persegi (atau diatur sesuai kebutuhan) , yang berguna untuk membentangkan kain untuk proses pewarnaan dengan kuas ,sebelumnya kain sudah dibasahi dengan waterglass agar proses pewarnaan  cepat mengikat kedalam kain dan tidak bercampur dengan tumpukan warna lainya.

2. Dasar warna yang digunakan biasanya hanya ada tiga warna dasar, bercampurnya tiga warna dasar tersebut akan menghasilkan warna warna siluet yang sangat unik dan menarik , tehnis konsepnya sepetri bercampurnya toner warna CMYK, inilah sebenarnya keindahan dari motif irisan atau motif kuas batik jumputan .

3. Setelah selesai dilakukan proses kuas , kain selanjutnya di jemur dan dibentangkan di tempat yang cukup terik sinar matahari, dalam proses ini diperlukan kecakapan didalam memperhitungkan waktu yang diperlukan ,  tidak boleh terlalu lama (diukur berdasarkan jenis kain yang digunakan ). Jika proses pengeringan terlalu lama  akan mengakibatkan waterglass akan mengkristal keras dan akan merusak struktur  dan konstruksi kain.  Untuk kain rayon yang digunakan busana mamaput waktu penjemuran yang diperlukan kurang lebih hanya 15 menit.

4. Proses terakhir adalah proses pencucian dan penjemuran.

Demikian proses pembuatan batik motif irisan atau motif kuas , secara tehnis dilakukan sepenuhnya secara tradisional atau handmade. Gambar dibawah ini adalah salah satu model Dress Pelangi motif iris atau motif kuas
http://www.mamaputbali.com/

Untuk mengetahui proses pembuatan tehnik motif jumputan lainya silahkan baca  Enam Proses pembuatan Mukena Pelangi dan Baju Pelangi

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana